AKTUAL, TUNTAS, TERPERCAYA

.

Rabu, 26 Februari 2014

Sambut Hari Pers, Anak-anak TK : “Aku Ingin Jadi Wartawan”

Sukoharjo , Radar Pos
Spanduk “Selamat Ulang Tahun Wartawan” terpampang jelas di atas gapura pintu masuk PAUD/TK Pembina 1 Joho Sukoharjo, Sabtu (8/2) pagi. Didalam aula komplek sekolah itu, puluhan anak-anak TK dan PAUD Pembina 1 Joho Sukoharjo sudah berkumpul di hadapan tumpeng dan kue tart yang tersaji di meja. Saat sejumlah wartawan mulai memasuki area itu, satu persatu perhatian anak-anak pun beralih. Mereka memandang sejumlah sosok yang datang dengan berkalung kamera sertas tas ransel yang tidak lain adalah para wartawan.
Di dalam aula tersebut juga terpampang spanduk “Selamat ulang tahun wartawan semangat terus ya… “, seuntai kalimat yang terkesan memotivasi para pencari berita itu. Tidak berselang lama, ucapan selamat datang pun mereka haturkan dengan dipimpin oleh Ketua Museum Rekor Sukoharjo (Muresko) Bimo Kokor Widjanarko didampingi Kepala Sekolah Wiji Astuti. “Selamat datang Bapak-Ibu Wartawan. Selamat ulang tahun. Siapa yang tahu wartawan itu apa? Alat yang di bawa apa saja?” ucap Wiji Astuti disambung jawaban anak-anak, “Pencari berita. Kamera dan rekaman.” Guru pun mengajak anak-anak berdiri dan menyanyikan lagu happy birthday. Orang tua siswa yang juga menunggu anak-anaknya disisi aula pun beranjak berdiri, bermaksud berpartisipasi menyampaikan Selamat Hari Pers Nasional. Lagu selamat ulang tahun pun usai, pembawa acara Muresko kemudian memanggil sebutan dalang cilik. Bocah kelas 2 SD berusia 7 tahun bernama Mandala dari SD Jetis 1 Sukoharjo mulai masuk di aula. Pakaian kejawen yang di kenakannya, menarik perhatian anak-anak dan orang tua murid. Hadirnya mandala, di sambut tepuk tangan yang meriah.
Pepatah-pepatah Jawa, yang mengandung unsur parikan lelucon pun diutarakan dalam kisah cerita dalangnya. Tidak sedikit orang yang tertawa mendengar lelucon bocah itu. “Kulo nderek mangayubagyo Hari Wartawan. Semoga sukses selalu,” pungkasnya mengakhiri aksi dalangnya.
Disusul aksi pembacaan puisi dari adik Angel siswa TK Pembina. “Puisi untuk wartawan. Engkau sumber berita memberi informasi kepada kita semua. Aku ingin seperti engkau. Salam dari kami anak-anak PAUD Negeri Pembina Sukoharjo,” ucapnya. Beberapa aksi berakhir, sejumlah guru pun mulai menyiapkan pemotongan tumpeng dan kue tart.  Kembali diiringi lantunan selamat ulang tahun dari anak-anak, tumpeng dipotong dan diserahkan simbolis kepada wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Sukoharjo.
Kepala UPTD Sukoharjo Sri Lestari yang juga hadir dalam acara tersebut mewakili jajaran Dinas Pendidikan berkesempatan mengucapkan Hari Pers Nasional. “Semangat terus para wartawan. Kalau meliput yang bagus-bagus. Kedepan lebih eksis lagi,” tuturnya.
Wiji Astuti,  Kepala TK/PAUD Pembina 1 Joho Sukoharjo mengatakan, melalui kegiatan ini ia berharap anak-anak dapat mengenal profesi dan sosok wartawan tepat pada momentum Hari Pers Nasional. “Dengan bertemu langsung sama wartawan. Semoga nanti mereka ingin jadi wartawan. Kami berpesan tetap jaga keselamatan dan kesehatan, karena pekerjaan kalian luar biasa tidak mengenal waktu dan juga cuaca.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews